≡ Menu
Agung Purbayana News

Info Beasiswa dari Universitas Terbuka

logo-utPada tahun 2009 ini Universitas Terbuka mengelola beberapa kegiatan yang didanai oleh Dikti, salah satunya yang menarik bagi kita selaku mahasiswa UT adalah program Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik/PPA. Berikut adalah potongan informasi resmi yang saya ambil dari situs e-learning UT di http://student.ut.ac.id/:

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik/PPA untuk 1.433 mahasiswa Non Pendas. Mahasiswa calon penerima beasiswa harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor Cq PR III UT dengan surat pengantar dari Kepala UPBJJ-UT dengan melampirkan berkas sebagai berikut :

  • Fotocopy KTM yang menunjukkan sebagai mahasiswa non Pendas aktif, paling rendah duduk pada semester II dan paling tinggi duduk pada semester VI bagi mahasiswa program Diploma, dan semester X, bagi mahasiswa program S1.
  • Bukti melakukan registrasi 2008.2 dan 2009.1
  • Transkrip Nilai dengan IPK paling rendah 3,00
  • Surat keterangan tidak mampu dari RT/RW atau Kelurahan setempat
  • Surat pernyataan tidak menerima beasiswa dari sumber lain, diketahui oleh Kepala UPBJJ-UT
  • Fotocopy kartu keluarga
  • Fotocopy rekening listrik (3 bulan terakhir) dan atau bukti pembayaran PBB.

Bagi mahasiswa Non Pendas UT yang memenuhi persyaratan kegiatan di atas, dapat menghubungi UPBJJ-UT di daerah masing-masing.

Sayang sekali ketika saya menghubungi UPBJJ-UT Denpasar, petugas disini belum mengetahui informasi ini dan bagi yang berminat dipersilakan membuat permohonan sendiri dan mengajukan ke UPBJJ Pusat melalui UPBJJ-UT daerah masing-masing.

72 comments… add one

  • amalia

    askum,

    mohon informasinya untuk beasiswa ut pendas donk.
    karenan saya masih guru honorer

    gimana caray daftar……….
    kemana dan ipk y brp.tq

    wasalam
    -amalia-

  • dwagp

    #amalia
    Saya baru saja mendapat panggilan dari pihak UT menjadi kandidat penerima beasiswa, coba mbak Amalia lihat link ini

  • Asral Yunil A.Md

    asslamualaikum Bapak.
    mohon informasi dari UT daerah Sumbar.
    kita ada yang mau mendaftar bagaimana caranya dan cara mendapatkan modul, juga minta informasi kapan dibuka pendaftaran UT tersebut.
    kita dari D3 b.inggris tamatan tahun 1997 di ABA H.agussalim Bukittinggi.ingin mengambil SI Kependidikan. berapa sks lagi mau menambah. tolong informasinya pak. terima kasih
    dari Asral

  • dwagp

    #Asral Yunil A.Md
    Untuk mendapatkan modul resmi dari UT, Mas Asral bisa melakukan pembelian secara online melalui situs ebook.ut.ac.id. Beberapa modul versi .pdf yang pernah tersedia di situs UT, bisa Mas Asral download di sini.

    Pendaftaran UT pada dasarnya bisa dilakukan setiap saat di UPBJJ setempat, hanya saja proses perkuliahan dan jadwal tutorial sesuai dengan kalender akademik yang telah ditentukan. Jadi kita bisa melakukan pendaftaran kapan saja, sedangkan kapan mulai kuliahnya, disesuaikan dengan jadwal kalender akademiknya.

    Mas Asral, untuk mengambil S1 Kependidikan salah satu persyaratannya adalah calon mahasiswa harus seorang guru. Sedangkan mengenai berapa SKS yang dibutuhkan untuk seorang tamatan D3 Inggris ke S1 Kependidikan, sebaiknya Mas Asral langsung berhubungan ke UPBJJ terdekat, karena akan dilakukan verifikasi nilai dan kesesuaian mata kuliah yang telah diambil dengan kurikulum yang berlaku saat ini.

    Informasi lebih lengkap dapat diakses melalui situs resmi UT, bisa di <a href="http://www.ut.ac.id” target=”_blank”>www.ut.ac.id atau student.ut.ac.id dan tentu saja ke UPBJJ terdekat.

    Terima kasih kembali.

  • Titik Nur

    Sy,mhsw UT D2 perpustkaan,semester 1,IP 3,35 kmrn sy tanya ke UPBJJ surakarta tentang beasiswa tp mereka bilang kt tdk bs mengajukan beasiswa,nanti diseleksi dr UT pst,buat teman2 yg tau sy minta info bnrkh kt ga bs mengajukn beasiswa n progran D2/diploma tdk dpt beasiswa di UT?thanks

  • dwagp

    #Titik Nur
    Mbak Titik, dari informasi yang saya dapatkan mengenai beasiswa pada UT, memang ada beberapa jenis beasiswa yang diberikan tergantung sumber dana beasiswanya. Salah satunya yang saya ketahui adalah beasiswa PPA dan BBM, setiap jenis beasiswa mempunyai syarat dan ketentuan masing-masing untuk PPA & BBM 2009 syaratnya bisa di lihat di link ini (login terlebih dahulu di student.ut.ac.id).

    Sedangkan untuk beasiswa dari UT sendiri (mengacu pada buku Katalog Pendidikan UT), beasiswa memang tidak diberikan untuk program diploma dan penerima beasiswa sudah ditentukan oleh UT Pusat.

    Demikian sedikit informasi yang bisa saya sampaikan, informasi lebih detil bisa mbak tanyakan ke UPBJJ terdekat atau di forum student.ut.ac.id.

    Thanks.

  • ut is the best?

  • dwagp

    Universitas Terbuka bagus untuk orang yang ingin belajar mandiri atau distance learning, kebetulan saya senang belajar di UT.

  • deyce kekenusa

    saya mahasiswa penerima beasiswa non pendas tahun 2008.1 kok periode 2008.2 nggak terima lagi mohon penjelasannya!

  • dwagp

    #deyce kekenusa
    Sebaiknya hubungi UPBJJ tempat terdaftar untuk mendapatkan informasi yang akurat atau kontak langsung UPBJJ Pusat, Jakarta.

  • P. Agung Purbayana, berkas beasiswa anda sudah dikirim ke Kantor PR III UT oleh UPBJJ UT Denpasar.
    Program D-2 dan D-3 bisa dapat beasiswa UT asal memenuhi syarat, lihat di situs httt: http://www.ut.ac.id di berita terkini.
    Ada kriteria SKS juga lho.

  • #Agus Hartoyo
    Terima kasih mas Agus Hartoyo atas informasinya, mudah-mudahan dokumen yang saya kirimkan tidak ada yang kurang.

  • informasi mahasiswa penerima beasiswa PPA 2009.1 kapan ya pak?

  • dwagp

    #Arifin
    Informasi mengenai beasiswa PPA 2009.1 biasanya disampaikan langsung ke mahasiswa yang bersangkutan. Biasanya ada informasi melalui surat yang disampaikan oleh pihak UT apakah beasiswa yang diajukan oleh mahasiswa di tolak atau diterima.

    Saya sendiri untuk beasiswa PPA 2009.1 ditolak karena ada data administrasi yang kurang, kemudian diminta mengajukan kembali untuk beasiswa PPA 2009.2 dan belum ada informasi lagi sampai saat ini.

  • nafis

    pak, cara ingin mendapatkan beasiswa ut gmn ya????

  • Kusman

    Wah ,?klu beasiswa untk pendas tdk ada ,bs gak z alih kredit,ke non pendas spy z dpt jg beasiswa,kasianxmi PENDAS,

  • dwagp

    #Kusman, nafis
    Dari informasi yang terdapat di sini, tidak ada perbedaan mahasiswa Pendas dan Non Pendas. Syaratnya cuma IPK minimal 2.5 dan melengkapi administrasi sesuai ketentuan yang dijelaskan di pengumuman itu.

    Untuk lebih lengkap coba download file ini dan di buka dengan acrobat reader, agar lebih jelas informasinya.

  • Wily

    Askum..kmi mhasiswa ut smster 6..mgajukan beasiswa tp kmi blm tau dpt atw tdak…

  • dwagp

    #Wily
    Pemberitahuan kepada mahasiswa yang memenuhi syarat menjadi kandidat penerima beasiswa di informasikan langsung melalui surat ke alamat masing-masing.

    Syarat dan ketentuan untuk beasiswa BBM tahun ini bisa di lihat di sini. Kalau memenuhi persyaratan biasanya langsung mendapatkan surat dari UT.

  • Jesuinha de Almeida

    Saya ingin bergabung kembali dengan teman-teman di UT Indonesia, saya ex Mahasiswa UT Tahun 1993 di Kalimantan kemmudian saya pindah ke UT Kupang dengan NIM 013054839. Jadi bagaimana bisa saya kembali belajar dengan jarak jauh di ENGLAND jika bisa tolong beritahu ke alamat saya.
    Hormat saya
    Jesuinha De Almeiada

    Sampai saat ini saya baru mengetahui UT ada di Singapura, Arab Saudi, Johor Baru dan Hongkong yang baru dibuka. Mungkin rekan-rekan lain ada yang bisa membantu?

  • Gunardi

    Ada Program lagi gak nehUntuk Tahun 2010 ? khususnya bagi yang D2 non Pendas

  • dwagp

    #Gunardi
    Sudah lihat informasi beasiswa untuk tahun 2010? Coba lihat link http://agungpurbayana.info/informasi-beasiswa-bbm…. Berlaku untuk Pendas dan Non Pendas, mulai D2, D3 dan S1.

  • Akhmadnur

    saya mahasiswa Ut, reg 2008.2 ipk3,75, reg. 2009.1 ipk 3,25 reg. 2009.2 ipk 3,00 saya masuk calon penerima beasiswa nggak? dan saya seorang PNS? dapat beasiswa nggak yah?… waktu saya tanya UPBJ daerah saya mesti ada surat dari pihak UT pusatnya? apa mahasiswa yang ngusul sendri atau gmana? makasih

  • dwagp

    #Akhmadnur
    Kalau dilihat dari IPK masuk kandidat penerima mahasiswa. Tapi nggak tahu juga kalau ada kriteria lain, karena kandidat penerima mahasiswa menerima surat langsung dari UT Pusat Jakarta. Jadi tidak ada usulan dari mahasiswa, kita tinggal menunggu nasib, dinyatakan sebagai calon penerima beasiswa.

    • akhmadnur

      terima kasih atas infonya…okelah kalo begitu… belajar ajah…terus biar dapat hasil yang meuaskan wan ilmu yang berkembang dan ilmu yang bermanfaat. Amin

      • Terima kasih kembali. Selamat belajar semoga sukses!

  • Yohan N

    Terima kasih banyak Pak atas infonya, sy mahasiswa baru reg 2010.1. Dengan adanya info beasiswa ini sy jadi termotivasi lagi untu belajar dan kuliah di UT dan mudah2an nantinya jd kandidat penerima beasiswa.

    • Iya, semangat mas Yohan.
      Sebenarnya tidak begitu sulit mendapatkan IPK 3.0 di UT. Yang penting ada motivasi dan semangat untuk belajar.

      Semoga sukses!

  • selamat pagi pak, pak thun kemarin saya mendapat surat dr ut yang menyatakan bahwa saya mengikuti seleksi beasiswa BBM, kemudian sya melengkapi semua persyaratannya kemudian sya menyerahkanya ke upbjj ut surakarta dan telah dkirrim , tetapi kenapa sampai saat ini sya belum mendapat beasiswa tersbut?padahal IP saya sll meningkat,

    wasalam

    ririn

  • mohon maaf saya mahasiswa UT saya mau bertanya tentang beasiswa pada semester 8 saya mengajukan beasiswa bersama teman-UT kemudian berkas pengejuan saya saja yang dikembalikan karena NUPTK salah setelah di lihat dalm berkas ternyata berkas saya sudah sesuai benar dalam penulisan NUPTK kemudian diajukan kembali beserta Foto copy NUPTK

    apakah Beasiswa saya akan keluar? dan Kapan?

    terima kasih

  • saya dah ngajuin koq belum keluar2

  • M.T Iryanto

    Sebenarnya gmn sih mekanisme pembran beasiswa,dptnya tdk sama jumlahnya,ada yg dpt ada yg tdk walaupun sama2 syarat lengkap,waktu cair tdk bersamaan.sy slh satu yg blm mendptkan sampai skrg.

  • M.T Iryanto

    Beasiswa,kalau bcr hal itu sehrsnya adl utk meringankan dana belajar dan penghargaan akan prestasi.tp ternyata tdk seperti yg sy pikirkan,beasiswa bbm ut yg sampai skrg tak ada kejelasan informasi,byk yg pesimis,kt dah keluarkan uang tuk buka rekening,ternyata hslnya nol dan uang hlg,tdk dpt bantuan malah setor uang dibank.maaf kalau tulisan ini tdk berkenan.mugi tyas iryanto,NIM.016184004,UPBBJ SURAKARTA.

  • dewi

    mohon informasi beasiswa untuk saya donk. saya semester II jurusan D II perpustakaan

  • iroh muthoharoh

    aslmkm wr wb…

    mohon info untuk beasiswa pendas S1 PAUD donk mas…

    kebetulan tutorialnya diadain di cirebon, tp UPBJJ nya Bandung..

    aku pernah nanya ke pihakpengelola soal beasiswa, tp katanya tidak ada beasiswa dari UT.

    IPK q diatas 3….

    mksh mas sblmnya..

  • ali ahmad afronjani

    CARA DAFTARNYA GIMANA MAS ?

    • Yanti Amri

      tolong saya di kasih tahu caranya biar bisa dapat beasiswa UT saya kuliah mahasiswa S1 PAUD semester 3

      katanya kl sdh smstr 3 bisa dpt beasiswa

  • eri kris

    mohon bantunya untuk info beasiswa 2011 non pendas , dan saya d2 perpus,nilai ipk semester 1 dan 2 di atas 3,0…mohon kasih informasinya

    terimakasih sebelumnya

  • erika

    kalau mengajukan beasiswa sekarang sudah terlambat tau belum pak,mohon di bantu

  • Tari

    TARI – PATI
    Assalamualaikum Wr … Wb …
    Pak saya mahasiswa UT Pati D II Perpustakaan, semester II.Hasil IPK waktu UAS Semester I saya adalah 3,70. Saya mau tanya bagaimana caranya mengajukan beasiswa. Terima kasih …
    Wassalammualaikum Wr … Wb ..

  • Tari

    Ass… Pak,
    Saya mahsiswa Pati D II Perpustakaan,semester II, hasil UAS saya semester I kemarin 3,70, yang mau saya tanyakan, bagaimana caranya mendapat beasiswa ? Terima kasih …
    Wass …

    • @Tari
      Untuk mendapatkan beasiswa dari UT, biasanya ada pemberitahuan terlebih dahulu bahwa kita menjadi kandidat untuk mendapatkan beasiswa. Setelah itu kita diminta melengkapi persyaratan sesuai dengan ketentuan yang diberikan dan mengirimkan kembali ke UT. Selanjutnya tinggal menunggu saja, apakah kita memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa. Untuk informasi lebih jelas sebaiknya mbak Tari menghubungi UPBJJ-UT setempat.
      Terima kasih kembali.

  • nunik

    Askum,,,,

    mhon sy dksih info bgmn cra mdpat beasiswa UT PENDAS, cz IP sy alhamdulillah setiap semester slalu memuaskan.
    mhon knfirmasix

  • Tano

    Pak Purba, teman saya di Pokjar Wonogiri, D2 Perpust, ada beberapa yang mendapatkan beasiswa (BBM/PPA).IP nya dibawah 3 lho! Kok kami di Pokjar Wotawati, Gunungkidul Yogyakarta, tidak ada yang menjadi penerima beasiswa bbm/ ppa ya, padahal nilai di Pokjar kami bagus-bagus lho, bahkan ada 2 orang yang IP nya 4,0, dan banyak yan g diatas 3,5.
    Jika penerima beasiswa bbm/ppa UT sudah ditetapkan dari pusat, apa kriterianya?

    terimakasih atas infonya.

  • Tano

    Yth. Pak Purba, apakah sama bbm/ppa di UT dengan PT lainnya?
    Dikopertis wil V (STMIK AMIKOM, Jogja) pengajuanpaling lambat 28 Feb 2011, di kopertis wil IV Jabar Banten (BAAK STIE EKUITAS Bandung)
    pengajuan paling lambat 21 Feb 2011.
    Kalo di UT gimana ya Pak?

    nuhun.

  • IIN martini

    saya mahasiswa UT dari UPBJJ Bandung PG PAUD smester 5 IP saya 3.40 bagaimana caranya saya untuk bisa mendapatkan beasiswa

  • ina fitri igo

    wah UT buat sy yang sebagai seorang guru honorer di PAUD merasakan adanya kemudahan-kemudahan untuk mencari ilmu semoga tetap jaya

  • lia

    salam kenal..

    sy mahasiwa baru UT denpasar.. kemarin waktu OSMB sy diberi tahu bahwa saya menerima beasiswa. tidak dijelaskan itu beasiswa apa. dan ada 20 orang mahasiwa baru yg diberi beasiswa. kemarin cuma diminta no rek. bisa info itu beasiswa apa ya??? dab berlaku nya apa 1 semester sj?? trmksh

  • Nani Mulyaningsih

    assalamualaikum wr.wb
    Mohon informasi..kapan batas akhir pengiriman data untuk permintaan beasiswa D2 Perpustakaan periode 2011.2 ?

  • Tari

    Sya mahasiswa DII PErpustakaan semerter 3 mau tanya bagaimana caranya mengajukan beasiswa prestasi dan syarat2nya apa saja?trimksh

  • gustriyani

    saya mau tanya saya guru honorer di sekolah dasar negeri tapi blm S1,saya ingin kuliah di UT buat ambil S1katanya ada info mengenai beasiswa untuk tenaga honorer guru,gimana mekanismenya supaya saya bisa daftar kuliah di UT,karena saya tidak punya biaya…..!!!thanks

  • Tari

    @Bpk Apurbayana> Terima kasih atas jawabannya,saya mau tanya lagi, bagaimana caranya mengajukan beasiswa prestasi di UT ya dan apa saja syarat2nya soalnya sampai sekarang saya sudah semester 3 tdk prnah ada pemberitahuan dari UT?Terima kasih, saya tgu jawaban Bpk secepatnya,Tari Pati DII-Perpustakaan

  • Tari

    @Bpk Agung Purbayana, Terima kasih atas jawabannya dulu, saya mau tanya lagi bagaimana caranya mengajukan beasiswa prestasi di UT dan apa saja syarat2nya, tlg sya diberi informasi beasiswa berprestasi di UT sedetail2ny, krn dari pihak UT sndiri tdk prnah ad pmberitahuan sampai saya sdh smster 3, Tari-DII Perpustakaan.Terima kasih, sya tgu jawabn secepatnya skali lg trmkash…

  • rabbiarini

    saya mahasiswa UT jurusan DII perpustakaan sekarang memasuki semester 3, th 2011, saya ingin mendapatkan beasiswa, bagaimana caranya. terima kasih

  • kurniawan

    asw,mohon bantuan nya saya pengen melanjutkan kuliah tp karna keterbatasan ekonomi saya gk bisa,apa ada bea siswa untuk yg tamatan SMU klo ada gmana cara mndapatkan nya,terimakasih

  • adenika putra

    saya sekarang semester II regestrasi 2011.1 tolong informasinya yang pasti tentang bea siswa. karena dalam semester sya ini cuman ada 2 orang yang menerimanya yang lain tidak ada . bagai mana prosesnya ,,,,,,,,,,,,,, tolong informasinya,,,,,,,,,,,,,,, By adenika putra

  • durrotus saadah

    saya sekarang semester 3,saya sudah terdaftar mendapat beasiswa.tp sampai skrng kog blm cair.sampai kpn kami menunggu,padahal bentar lagi tutup tahun ,anggaran 2011 sudah seleasai.beasiswa seharusnya sudah dibagikan.mohon diberi tahu sedetailnya infonya.

  • selfie pesireon

    Saya ingin memita inormasi untuk mendapatkan bea siswa dari UT. Teeima kasih.

  • herlina nurhayati

    tahun ini sudah ada beasiswa lagi belum ya???????

  • abramsp

    salam kenal sy jg mhs UT nih. baru 2 smt sejak 2011. IPK sy 3.0 pas bgt. :D

    kalo ikutan beasiswa itu apa kita bebas dari biaya atau gimana? apa2 aja yg perlu dibayar dan tidak dibayar?

  • Nopha AjaH

    Sy mahasiswa UT semester 9 program pendas, tlong dunk ksih kesempatan utk mngajukan beasiswa pendas knpa pendas dianak tirikan sementra yg non pendas ada??

  • Yohanes Warsawan Bago

    saya hendak masuk kuliah pertengahan tahun di T.A 2012/2013 di UT padang.

    saya mau tanyakan persyaratan mendapatkan beasiswa kuliah semester pertama hingga tamat.

    apa yang bisa saya lengkapi untuk mendapatkan beasiswa tersebut?

    terima kasih banyak_

    • Yohanes Warsawan Bago

      selanjutnya saya mau menayakan apakah calon penerima beasiswa dibatasi oleh tahun tamatan sekolah?

      trmksh.

  • AISYAH

    SAYA MAHASISWA UT SEMESTER 3 POKJAR PAPALANG, SEWAKTU UJIAN SEMESTER LALU SAYA TANYA KE UPBJJ UT KATANYA TIDAK ADA BEASISWA UNTUK NON PENDAS. TAPI GITU SAYA CARI INFORMASI LEWAT INI TERNYATA ADA TEMAN YANG DAPAT. BAGI YANG TAU PERSARATANNYA BAGI DONG INFONYA. . . .

  • Nurhayati

    Assalamualaikum Pak,,
    Terima kasih atas informasi beasiswanya bagi mahasiswa UT,tapi ada yang saya tanyakan, saya mahasiswa UT-S1 PGPAUD Semester 4, saya masih bingung gimana caranya soalnya selama ini di POKJAR kami itu bapak/ibu pengelolanya belum pernah bicarain semacam itu,, dan ada pula yang bilang srt2 seperti itupun belum cukup pula katanya..apakah memang sesulit itu Pak…? Padahal ini merupakan sebuah motivasi untuk mencapai kualifikasi pendidik yang Profesional..apakah memang nih belum cukup umur pula…..Terimakasih n Hatur Nuhun

  • MADE SUNINGCAYA

    mohon inpormasi pengumuman hasil akhir siapa saja yang bisa mengikuti wisuda utk mahasiwa PG PAUD DI SINGARAJA

  • SRI HANDAYANI

    slam kenal,, sy Mahasiswi UT UPBJJ Mojokerto bru transfer dr DII-PGTK ke S1-PGPAUD masa Reg. TH 2011.1
    sy mw tnya, ko' G ad beasiswa buat PAUD sich? sy mhon, utk 2012.2 sekali ini aja… krn sy tinggal 1 smester aja. pleaseee……………………….!!!!
    trims ats prhatian dan kebijaksanaan bpak.

  • wyn sudiasa

    saya ingin informasi mengenai beasiswa s1 untuk th ajaran 2013.

  • wyn sudiasa

    mohon informasi beasiswa s1 th ajaran 2013 u/non pendas(ekonomi-manajemen)

  • lily

    berapa ya jumlah beasiswa yg didapat? mohon infonya dari yg sudah pernah dapet beasiswa.

  • tika yuliana

    assalamu'alaikum.
    maaf mau nanya..untuk besiswa pg paud caranya gmana nggih?
    mhon infonya. terima kasih

  • umaryanto

    gimana cara berinteraksi dg dosen tuton,tks

Leave a Comment